Tiada Prestasi Tanpa Disiplin Ilmu

Rabu, 17 Oktober 2012

sumpah pemuda

 Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Sumpah Pemuda versi orisinal :
Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Makna dari sumpah pemuda adalah     :
1. Dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan antar bangsa
    Maksudnya adalah dengan adanya sumpah pemuda, msayarakat indonesia yang tua maupun yang muda akan bersama dan bersatu dalam membela negara kita yang satu yaitu Indonesia. Dengan begitu bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang utuh dan tidak terpecah belah. Selama ini, dari masa lalu hingga sekarang, banyak terjadi kerusuhan atau gerakan yang dapat memecah belah persatuan yang telah kita bangun selama ini. Mereka semua yang melakukan itu tidak tahu kalau yang mereka lakukan adalah salah. Oleh karena itu, dengan peringatan sumpah permuda ini, mari kita semua bersatu untuk membentuk bangsa yang utuh, yang dapat bersaing di era globalisasi sekarang ini agar bangsa ini dapat maju dan tidak tertinggal dari bangsa yang lain seperti yang pernah kita bangun di jaman dulu, di era kejayaan kita, yaitu di era kerajaan Sriwijaya yang dapat menguasai hampir separuh dunia. Mari kita bersatu untuk bangsa kita.

 2. Dapat meningkatkan semangat juang masyarakat Indonesia
     Dengan adanya sumpah pemuda, masyarakat Indonesia dari generasi tua sampai dengan generasi muda akan lebih bersemangat bersama-sama memajukan bangsa ini. Mereka akan sadar betapa pentingnya membela bangsa ini. Siswa sekolah dasar pun sudah dapat membela bangsa ini seperti, mengikuti upacara bendera. Dengan mengikuti upacara bendera, sebenarnya mereka sudah membela tanah air ini. Mereka sudah mempunyai semangat nasionalisme yang tinggi untuk membela bangsa ini walau hanya sekedar mengikuti upacara bendera. Seharusnya generasi-generasi tua mencontoh semangat juang yang dimiliki oleh generasi muda. Dengan begitu, generasi tua dan muda akan melebur menjadi satu yang mempunyai semangat juang yang tinggi, yang mampu bekerja sama dan bersaing di era globalisasi dengan tetap mencintai tanah air. Dengan seiring berjalannya waktu, kita mampu melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas.

3. Dapat melestarikan budaya dan bahasa
    Maksud dari makna ini adalah dengan adanya sumpah pemuda, terutama isi yang ketiga yaitu kami putra putri indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia, ini secara tidak langsung dapat mempertahankan atau melestarikan bahasa dan budaya kita. Bagaiman tidak? dengan menjunjung bahasa persatuan, masyarakat indonesia akan mampu mempertahankan dan melestarikan bahasa dan budaya indonesia dari marakanya era globalisasi yang dapat memepengaruhi kelestarian budaya dan bahasa indonesia. Apalagi sekarang ini, banyak siswi-siswi SD, SMP, SMA yng demam K-POP atau korea pop. Ini pertanda bahwa generasi sekarang ini perlahan-lahan sudah melupakan budaya dan bahasa indonesia. Hal ini tidak boleh dianggap remeh oleh pemerintah maupun masyarakat Indonesia. Karena lama kelamaan, budaya dan bahasa persatuan Indonesia akan punah dimakan oleh zaman. Kini zaman sudah berubah. Tiidak seperti di zaman dulu yang generasi-generasinya tidak terpengaruh oleh globalisasi dan mampu melestarikan bahasa dan budaya sampai sekarang ini. Tetapi saat ini, perjuangan yang dilakukan generasi terdahulu sudah sisa-sia. Karena generasi sekarang telah terpengaruh oleh zaman. Seharusnya generasi sekarang harus mencontoh generasi terdahulu yang mampu melestarikan budaya dan bahasa Indonesia. Sehingga bangsa Indonesia tetap eksis walaupun adanya pengaruh globalisasi.
Sebagai penutup saya berharap bahwa generasi sekarang termasuk saya mampu melestarikan budaya dan bahasa persatuan Indonesia. Sehingga bangsa tetap utuh dan tidak punah dimakan oleh zaman.

SEKIAN POSTING KALI INI, SILAHKAN BERKOMENTAR SESUAI KEINGINAN ANDA
TERIMA KASIH 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar